Jumat, 02 Maret 2018

Bagus Sukma

1. Pengertian Google Drive

Google drive adalah salah satu layanan yang ditawarkan oleh Google dan merupakan layanan untuk menyimpan dokumen atau file secara gratis maupun berbayar tergantung pada jumlah kapasitas memori penyimpanan itu sendiri.
pengertian google drive
Kapasitas yang tersedia dalam google drive yang bisa diakses secara gratis adalah 5 GB dan bisa ditambah jika menggunakan layanan yang berbayar. Tidak hanya dapat menyimpan file, google drive juga terhubung dengan fitur google lainnya seperti gmail, google search dan lain sebagainya. Hal ini tentu akan lebih memudahkan user atau pengguna untuk mengakses file dan data yang dimiliki.

2. Fungsi Google Drive

Google drive yang saat ini banyak digunakan, memiliki banyak fungsi yang bisa membantu seseorang saat menyimpan data dan melakukan aktifitas lainnya. Berikut ini adalah beberapa fungsi google drive yang bisa diketahui:

1. Menyimpan Data

berbagai format file
Fungsi utama dari google drive yang paling menonjol adalah untuk menyimpan file atau dokumen dan pengguna bisa mengaksesnya dimana saja baik dirumah maupun dikantor tentunya dengan terhubung pada koneksi internet.
Google drive bisa diakses melalui drive.google.com dan menyediakan 5GB kapasitas untuk keperluan Anda dan bisa diperbesar dengan membayar sekitar 2,5 USD perbulannya. Data yang bisa disimpan dalam google drive adalah data yang dibuat melalui menu google drive itu sendiri maupun data yang dibuat dengan menggunakan aplikasi lain diluar google drive.

2. Membuat dan mengedit dokumen

Selain berfungsi sebagai tempat penyimpanan, google drive juga memungkinkan pengguna atau user untuk membuat lembar kerja atau spreadsheet baru dan juga mengedit data yang diakses atau dibuat dari aplikasi lainya. Google drive juga memiliki menu untuk membuat slide presentasi yang bisa diakses kapan saja.

3. Mengakses fitur google lainnya

berbagai fitur google lainnya
Dalam menu atau aplikasi google drive tersedia link atau tautan langsung dengan menu atau fitur google lainnya seperti gmail, google browser, google plus dan lainnya.
Video dan foto yang tersimpan dalam google drive akan secara otomatis tersimpan dalam google plus dan data yang dibuat dalam google drive juga tersimpan secara otomatis tanpa harus menyimpannya secara manual.
3. Cara Menggunakan Google Drive


  • Petama, masuk pada akun Google Drive dengan cara ketik drive.google.com pada        addres bar.
  • Masuk dengan akun google drive Anda. 
  • Selanjutnya Anda akan dibawa dalam dasbor atau halaman utama Google Drive seperti gambar berikut ini.

4. Cara Membuat Folder Di Google Drive

Membuat Folder di Google Drive
Berikut cara untuk membuat folder pada Google Drive untuk memudahkan kita menyimpan file di google drive sesuai dengan klasifikasi file yg akan kita simpan
1. Buka email anda , kemudian klik ikon Aplikasi 
2. Kemudian pilih Google drive


3. Setelah google drive terbuka Klik New/baru dan pilih folder baru








4. Jangan lupa beri Nama difolder baru Anda contoh seperti contoh gambar diatas "tugas aplikom kiki"
5. Kemudian pilih Create/Buat








fitur fitur Google drive

1. Integrasi Dengan Produk Lain

Fitur Integrasi ini menjadi bagian terpenting pada Google Drive. Pasalnya fitur ini terintegrasi dengan produk google lainnya seperti Google Doc, Google Shets, Atau Google Slide. File yang sudah anda simpan pada Google Drive bisa anda edit kembagi dengan menggunakan fitur ini  tanpa harus mendownload File Tersebut.

2. Kapasitas Penyimpanan

Dengan mengimplementasikan teknologi  berbasis cloud anda mendapat Kapasitas dari Layanan Google Drive ini sebesar 15GB untuk yang free license. Sedangkan untuk Google Drive Premium anda mendapat 30GB. 

3. Sharing & Privasi Hak Akses

Kemudahan Google Drive selanjutnya adalah berbagi file. Dengan hanya menggunakan fitur sharing anda cukup memasukkan email partner anda pada isian form sharing, partner anda sudah mendapatkan file tersebut. Tidak hanya itu, anda juga bisa memberikan hak akses bagi orang lain, seperti hanya bisa view konten, atau bisa ikut mengedit data tersebut sehingga anda bisa berkerja team. 
Fitur Google Drive-1.png

4.  Search File

Teknologi search yang dikembangkan untuk Google Drive sangat memanjakan penggunanya. Diantaranya adalah pencarian file berdasar jenis format file yang dicari, Pemilik file, tanggal modifikasi, dan lainnya. Google juga menambahkan fitur autocorrect pada search sehingga ketika kita salah ketik fitur ini memberikan saran.
Marketing 2017   Google Drive.png

5. Fitur Penerjemah Dokumen

Fitur penerjemah dokumen ini terhubung dengan Google Translate. Anda bisa memasukkan file dokumen anda kemudian membuka file tersebut di perangkat dokumen yang tersedia di Google Drive. Kemudian klik menu Tools, setelah itu anda pilih Translate Document dan memilih bahasa dokumen yang anda inginkan.

6. Convert Pdf to Text

Fitur yang juga jarang digunakan oleh pengguna Google Drive yaitu Fitur merubah file dengan format PDF menjadi Text. Untuk bisa menggunakan fitur ini anda bisa membuka file PDF anda di Google Drive, kemudian Download As Microsoft Word. Setelah file yang didownload berformat .docx anda bisa mengeditnya.

7. Revision History

Google Drive mempunyai fitur Revision History, fitur ini berfungsi untuk melihat history revisi yang telah anda edit. Revision History juga bisa melakukan restore dokumen sesuai tanggal modifikasi.
Layanan Google Drive menjadi salah satu paket G Suite yang ditawarkan Google. G Suite memberikan kapasitas penyimpanan sebesar 30GB. Tidak hanya itu saja,  Ada beberapa aplikasi utama lainnya yang siap digunakan untuk kolaborasi dengan Google Drive. Tertarik untuk info lebih detailnya? silahkan menghubungi EIKON technology selaku partner resmi Google, atau anda bisa klik link dibawah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar